Cegah Bullying Pelajar dengan Nilai-nilai Agama

{[["☆","★"]]}

Cegah Bullying Pelajar dengan Nilai-nilai Agama 



Bullying adalah suatu tindakan agresif yang dilakukan secara berulang yang dilakukan oleh satu kelompok pada satu individu tertentu. Bullying biasanya ditujukan untuk individu yang dinilai lebih lemah atau berbeda di antara kebanyakan individu lainnya.

Bullying dapat berupa verbal dan non-verbal. Bullying verbal biasanya berupa cacian dan umpatan kebencian. Bullying non-verbal biasanya berupa kekerasan fisik. Bullying dilakukan dengan dasar kesenangan semata.

Dalam sejarahnya, kasus bullying sudah ada sejak zaman dahulu. Di antara perilaku bullying yang terjadi dan masyhur tercatat dalam sejarah ialah Nabi Yusuf yang mendapatkan perundungan dari saudara-saudaranya. Bahkan kisah ini diabadikan secara lengkap oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an pada QS Yusuf sebagai pelajaran.

Kasus bullying masih marak terjadi di negara kita Indonesia. Khususnya di lingkungan sekolah, Terbaru kasus bullying di SMA Binus Serpong yang melibatkan anak artis Vincent Rompies. Kasus ini bahkan sudah sampai ke pihak berwajib meski dari pihak terlapor (Vincent Rompies ) berusaha menempuh jalur kekeluargaan. (Oke zone. com ,22 Februari 2024)

Kasus bullying yang masih saja banyak terjadi di lingkungan sekolah harusnya menjadi perhatian khusus para orang tua dalam memilihkan sekolah bagi anak-anak mereka. 

Kurangnya pendidikan dan pemahaman agama  di lingkungan sekolah mungkin bisa menjadi salah satu sebab kasus bullying sering terjadi. 

Guru perlu menanamkan nilai-nilai agama dan moral yang baik sehingga anak bisa saling menghargai dan menghormati.

Nilai-nilai agama yang baik harus ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Adanya perbedaan fisik, perbedaan agama, ras, dan suku adalah keniscayaan. 

Jika kita bisa memahami dengan baik ajaran agama, niscaya perbedaan adalah sesuatu yang tidak perlu dijadikan bahan bully/perundungan. 

Ajaran agama apapun pasti menghargai perbedaan. Belum tentu semua yang berbeda itu buruk. Kalau kita mau belajar perbedaan dari sebuah pelangi, tentu kita akan tahu bagaimana indahnya perbedaan. 

Bullying merupakan tindakan yang perlu kita hapuskan bersama dalam situasi dan kondisi apapun karena tidak sesuai dengan norma agama maupun norma sosial. 


Penulis: 

Abdullah Yusuf

(Alumni MA NU Miftahul Falah 2007)

Posting Komentar

0 Komentar