Pelaksanaan AKG/AKK Sesi 1 Gagal, Peserta Tetap Semangat dan Gembira

{[["☆","★"]]}

Pelaksanaan AKG/AKK Sesi 1 Gagal, Peserta Tetap Semangat dan Gembira 

Para peserta AKG dan AKK sesi 1 hari pertama tetap semangat dan gembira walaupun tidak jadi mengerjakan asesmen. Mereka berfoto bersama Kepala Kantor Kemenag Kudus H. Suhadi, S.Ag.M.Si.

Kudus, manu-miffa.sch.id - Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru (AKG) dan Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) hari pertama sesi 1 Senin, 24 Juni 2024 boleh gagal. 

Namun peserta yang terdiri dari para guru dan kepala madrasah di lingkungan Kemenag Kudus tetap semangat dan gembira. 

Kegagalan pelaksanaan AKG/AKK tersebut dikarenakan server pusat mengalami down alias tidak dapat beroperasi secara nasional. 

"Assalamu'alaikum wr wb, mohon maaf server untuk kegiatan AKGTK di pusat DOWN, imbasnya seluruhnya tidak bisa login, padahal tadi ketika peserta dari wilayah WIT, WITA login aman aman saja, begitu dibuka login untuk WIB langsung down, sedang dilakukan perbaikan secepatnya, mohon maklum," begitu pesan watshap dari operator pusat yang diteruskan oleh operator di daerah. 

Mestinya pelaksanaan AKG/AKK sesi pertama dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir 10.30 WIB. 

Namun sejak para peserta masuk ruangan dan mulai memasukkan identitas peserta dan password aplikasi sudah mulai ada kendala. 

Banyak peserta yang tidak bisa membuka aplikasi karena jaringan yang eror. Begitu pula peserta yang bisa masuk aplikasi juga akhirnya tidak bisa login dan masih menunggu konfirmasi proktor. 

"Bapak ibu sabar dulu nggeh karena server pusat masih ada kendala. Ini sama se-Jawa Tengah. Masih menunggu," terang proktor ruang 3 yang ada di MAN 1 Kudus. 

Peserta AKK dan AKG masih menunggu dengan sabar. Suasana ruangan terdengar sendau gurau peserta. Mereka tetap semangat sambil berharap aplikasi segera pulih dan bisa melanjutkan mengerjakan asesmen. 

Sampai jam 10.00 WIB server masih belum bisa digunakan. Akhirnya dari panitia memberikan informasi bahwa sesi 1 belum bisa dilaksanakan. Dan peserta diperkenalkan pulang sambil menunggu informasi selanjutnya. 

Batalnya AKK dan AKG sesi satu tentu tidak diinginkan oleh semuanya terutama para peserta. Pasalnya para peserta sudah meluangkan waktu dan mempersiapkan mental dan materi untuk mengikuti asesmen. 

"Saya sudah belajar semalam pak. Tapi ya gak apa-apa. Yang penting kita sudah datang memenuhi undangan pemerintah untuk ikut AKG," kata Mira Rifqohwati peserta dari MA NU Miftahul Falah Cendono. 

Sekalipun pelaksanaan AKG dan AKK gagal dilaksanakan namun peserta dari madrasah di lingkungan Kemenag Kudus yang ditempatkan di MAN 1 Kudus tetap semangat dan tampak bahagia. 

Apalagi para peserta disambangi oleh H. Suhadi, S.Ag., M.Si. Kepala Kantor Kemenag Kudus. 

Suhadi menyapa peserta ke semua ruangan yang ditempati pelaksanaan asesmen. Seluruh peserta gembira walau hari itu mereka tidak jadi mengerjakan asesmen. 

"Sekalian tidak mengerjakan soal asesmen, tapi sebenarnya kita sudah terasesmen. Minimal kelihatan kesabaran dan semangat kita dalam ikut AKG," kata Asri Noorrodliyah guru Bahasa Indonesia dari MA NU Miftahul Falah Cendono sambil tersenyum meninggal ruangan. 

Sebelum pulang, para peserta AKG dan AKK diajak foto bersama dengan Kakankemenag Kudus, H. Suhadi, S.Ag., M.Si. 

Dan menurut informasi, untuk sesi 2 pelaksanaan AKG dan AKK berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Moh. Ali Nuhin 




Posting Komentar

0 Komentar