Pengawas Madrasah Ingatkan Pendidik Buat Pembelajaran Inovatif Berpusat Pada Siswa

{[["☆","★"]]}

 

KUDUS, manu-miffa.sch.id - Pengawas madrasah Hj. Chasnah, S.Pd., M.Pd.I. mengingatkan seluruh pendidik MA NU Miftahul Falah untuk melaksanakan pembelajaran yang inovatif dan selalu berpusat pada peserta didik.

Hal ini disampaikan saat memberikan bimbingan dan pelatihan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan  MA NU Miftahul Falah pada Rabu (17/7/2024) di ruang aula MA NU Miftahul Falah.

"Seluruh pembelajaran yang bapak ibu laksanakan harus berpusat pada peserta didik." ungkapnya

Hj Chasnah menjelaskan bahwa pendidik harus mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif dan selalu berpusat pada siswa, untuk itu seluruh pendidik harus mempersiapkan perangkat pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman belajar pada peserta didik.

Pendidik harus memposisikan peserta didik sebagai subjek pembelajaran. Metode pembelajaran harus mampu mengajak peserta didik untuk aktif dan kreatif menuangkan ide-ide mereka. Sementara pendidik berperan sebagai fasilitator.

Pendidik juga harus selalu meningkatkan empat kompetensi dasarnya, yaitu kompetensi, pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Penguasaan empat kompetensi dasar ini menjadi modal utama seorang pendidik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Moh. Ali Nuhin, S.Pd., Kepala MA NU Miftahul Falah menyampaikan program-program baru yang akan mulai diterapkan pada tahun pelajaran 2024/ 2025 diantaranya adalah program pembayaran smartbilling.

Ali Nuhin juga mengajak seluruh pendidik dan tenaga kependidikan untuk selalu kompak menyukseskan pelaksanaan seluruh program MA NU Miftahul Falah.

Lebih lanjut Ali Nuhin mengingatkan para pendidik untuk memperlakukan peserta didik dengan penuh kasih sayang.

"Ciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan agar peserta didik merasa aman, nyaman,dan bahagia. Dengan begitu, mereka akan lebih menikmati kegiatan pembelajaran dan mampu menyerap ilmu-ilmu yang kita sampaikan."



Jurnalis El Miffa

Posting Komentar

0 Komentar