Cegah Stunting, MA NU Miftahul Falah Galakkan Gerakan Aksi Bergizi Serentak (GABS)

{[["☆","★"]]}

KUDUS, manu-miffa.sch.id - MA NU Miftahul Falah menggalakkan Gerakan Aksi Bergizi Serentak (GABS) dalam rangka meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Program ini merupakan kolaborasi UPT Puskesmas Dawe. Kegiatan ini diwarnai dengan senam bersama, sarapan bersama, konsumsi tablet tambah darah untuk pelajar putri, edukasi gizi seimbang dan pemeriksaan hemoglobin (Hb), di lapangan dan sport center dan dilanjutkan dengan kegiatan kebersihan lingkungan madrasah pada Selasa (03/09).  

Kegiatan Gerakan Aksi Bergizi Serentak MA NU Miftahul Falah dimulai dengan senam bersama yang diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan tenaga pendidikan MA NU Miftahul Falah, dan Camat Dawe, Famny Dwi Arfana juga berkesempatan hadir. 

Famny Dwi Arfana, Camat Dawe mengutarakan, GABS adalah program untuk penurunan stunting/kurang gizi. Dia menyebutkan, cara mengonsumsi tablet tambah darah serta makanan yang cocok bagi remaja. 

"Program GABS ini mengkhususkan remaja putri dan ibu guru untuk diberi tablet tambah darah sebagai bentuk pencegahan stunting karena banyak remaja putri bahkan ibu hamil kekurangan zat besi dan asam folat. Maka dari itu selama seminggu sekali bisa mengonsumsi tablet tambah darah secara bersama-sama. Selain itu, makanan realfood sangat diperlukan bagi remaja untuk menambah darah seperti sayuran, buah-buahan, dan mengurangi makanan terlalu pedas", jelasnya. 

Nur Sahal, Petugas Kesehatan Puskesmas Dawe menambahkan penyuluhan tablet tambah darah itu sangat penting bagi remaja dan juga ibu-ibu. Ia memaparkan cara dan tujuan konsumsi tablet tambah darah.

"Tablet tambah darah sangat penting untuk remaja putri dan juga ibu-ibu supaya kadar Hb standar, aliran darah lancar, tidak pucat dan tidak mudah 5L yaitu lemah, letih, lesu, lelah, lalai", katanya.

Antusiasme para siswa dalam mengikuti kegiatan senam ini terlihat jelas dari raut wajah mereka yang penuh semangat. Salah satu siswa kelas 12, Namiroh Khilwa, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini.

"Saya merasa sangat senang dengan adanya senam bersama yang dilakukan ramai-ramai jadi lebih asik dan membuat badan sehat, saya juga senang bisa mendapat tablet tambah darah tapi saya agak kesusahan dalam menelannya", ungkapnya.



Reporter 

Nabila Khusna (XIIA MIPA)


Editor

Umi Zakiyatun Nafis, S. Kom. I.

Posting Komentar

0 Komentar